Rabu, 25 Februari 2015

Desain Produk II universitas pembangunan jaya

Pada semester ke-4, saya mulai memasuki mata kuliah desain produk II. mata kuliah ini mempelajari tentang sistem & mekanis yang ada pada 1 produk tersebut. agar bisa memahami mata kuliah desain produk II, prodi DPI telah menyediakan mata kuliah lainnya seperti prinsip rekayasa produk, ergonomi desain & gambar teknik untuk dipelajari lebih lanjut oleh mahasiswa DPI.

dosen desain produk II, Pak Oskar Judianto sudah tahu sistem & mekanis pada produk namun dosen Oskar memberi tantangan pada mahasiswa angkatan 2013 yang agak menantang & melelahkan yaitu, lampu. beda dengan tantangan dari kakak angkatan 2012, mahaiswa membuat lampu buatan sendiri.

tantangan ini sudah diberikan dosen Oskar pada saya & teman2 saya angkatan 2013 sejak pertemuan pertama, membuat lampu buatan sendiri terus, lampu buatan mahasiswa harus punya sistem & mekanis secara elektronik.

pada pertemuan ke-2, sebelum membuat lampu buatan, mahasiswa harus merencanakan awal konsep desain lampu berupa, konsep 5W+1H (What, Who, When, Where, Why + How), analisa & kesimpulan.
saya sudah merencanakan konsep desain lampu dengan tema lampu hias. lampu hias ini banyak macam2 karakter kartun atau konsep lain (daur ulang, buatan tangan kreator, buatan pabrik).
pada pertemuan ke-3&4, mahasiswa mencari gambar2 lalu ditempelkan ke IMAGEBOARD & MOODBOARD berdasarkan tema lampu yang sudah direncanakan mahasiswa sebelumnya. saya sudah mencari gambar2 lampu hias lalu ditempelkan ke kertas A3.
                                contoh: IMAGEBOARD

                               contoh: MOODBOARD (suasana, warna, gaya/periode seni)

pada pertemuan ke-5, setelah IMAGEBOARD & MOODBOARD, saya langsung menggambar konsep desain lampu hias sebanyak 50 sketsa desain sesuai saran dari dosen Oskar. hal ini merupakan tantangan yang serius & melelahkan karena 50 sketsa desain harus sudah selesai pada pertemuan ke-6.

pada pertemuan 6-7, setelah menggambar 50 sketsa desain lampu, dosen Oskar memilih satu (1) dari 50 sketsa desain lampu untuk dikembangkan. setelah satu (1) sketsa desain terpilih dari 50 sketsa desain lampu, saya menggambar lagi 15 sketsa desain perkembangan sesuai saran dosen Oskar & hasilnya dikumpulkan pada pertemuan ke-8.

pertemuan ke-8, hasil sketsa desain lampu saya dipresentasikan bertepatan dengan UTS (Ujian tengah Semester)

pada pertemuan ke 9 & 10, saya masih menggambar potongan-potongan desain lampu hias serta menentukan bahan material yang akan dipakai untu membuat model desain lampu hias.

pada pertemuan ke-11 sampai pertemuan ke-16, saya mulai membuat lampu hias sungguhan buatan saya sendiri. bahan material yang saua butuhkan dalam membuat lampu hias adalah pvc sheet mika, triplek (alas), lampu sudah jadi. Hmmm, mohon maaf, saya belum bisa menampilkan foto-foto proses pembuatan lampu hias dari awal sampai akhir karena khawatir waktu tidak cukup & juga mungkin agak buru-buru agar lampu itu sudah jadi & langsung menyala.

Jadi, saya bisa tampilkan foto hasil akhir lampu hias mode 3 dimensi:













































Tidak ada komentar:

Posting Komentar