Hallo!!
selamat datang di blog saya. Nama saya Stefanus Leonard
kali ini, saya membahas mata kuliah desain transportasi. mata kuliah desain transportasi ini termasuk bagian mata kuliah pilihan bagi mahasiswa DPI pada semester 4 atau 6 dan mata kuliah ini bagian dari produk yang dilaksanakan di UPJ
mata kuliah desain transportasi pada pertemuan pertama ini membahas tentang tata cara menggambar mobil secara mendasar dan juga memperhatikan detail-detail pada mobil dalam menggambar. Saya berlatih menggambar proporsi sketsa mobil yang sudah ada. Berikut ini contoh sketsa mobil:
terus, saya menggambar sketsa mobil di atas sebanyak 10 kali guna meningkatkan teknik menggambar mobil yang benar.
lalu, pada pertemuan ke-2&3, saya mendesain konsep mobil sesuai dengan saran dari dosen. konsep desain mobil ini berasal dari unsur-unsur pendukung seperti melodi, elemen, binatang yang guna menghubungkan unsur-unsur pendukung dengan bagian-bagian eksterior maupun interior mobil.
jadi, saya memilih unsur pendukung berupa elemen (api, air, angin, tanah) karena unsur elemen ini bisa memperkuat desain mobil terutama bentuk body mobil.
pada pertemuan ke-4, saya sudah menentukan elemen angin, terus elemen angin bisa berhubungan dengan cerita mitologi Tiongkok (China) mengenai 4 dewa mata angin melindungi dunia. 4 dewa mata angin berupa SUZAKU, dewa mata angin selatan (Red Phoenix); GENBU, dewa mata angin utara (Black Turtle); SEIRYUU, dewa mata angin timur (Blue Dragon); BYAKKO, dewa mata angin barat (White Tiger). Jadi, saya memilih SEIRYUU sebagai insipirasi/konsep bagi desain mobil karya saya.
pada pertemuan 5-7, setelah memilih naga SEIRYUU sebagai insipirasi bagi konsep desain mobil, saya menggambar layout bentuk mobil seperti apa sesuai saran dosen Alif. saya memilih mobil berjenis sportcar sesuai dengan karakter naga SEIRYUU. setelah menggambar layout bentuk mobil, saya menggambar lagi mobil hasil pilihan dari layout mobil untuk menggambar lanjut mobil secara detail / rinci.
setelah itu, saya mengkopi proporsi hasil gambar desain mobil pilihan saya ke kertas berisi blueprint mobil dengan cara menggambar bentuk desain mobil menggunakan spidol warna. lalu, saya menggambar lagi desain mobil dengna metode car presentation' sketch. contoh metode car presentation' sketch;
metode ini membuat media kertas lebih indah karena banyak penampakan mobil serta posisi mobil yang telah digambarkan oleh desainer. selain itu, dengan menggunakan metode ini, desainer mengerahkan semua ide mengenai bentuk badan desain mobil serta interiornya.
setelah itu, pertemuan ke-8, hasil karya desain mobil saya siap dipresentasikan bertepatan dengan UTS (Ujian Tengah semester)
pada pertemuan ke 9 sampai pertemuan ke 11/12, setelah UTS, saya membuat model desain mobil dengan cara sculpture (mirip pembentukan dari plastisin). namun sebelumnya, saya membuat model desain mobil pada komputer dengan program Rhinoceros dan di-rendering dengan program keyshot, lalu hasil rendering akan disimpan dalam bentuk gambar dengan format JPEG.
pada pertemuan 12 sampai pertemuan ke 16, setelah membuat model mobil 3D dengan software Rhinoceros+keyshot, saya sudah mulai membuat model mobil 3D dengan metode sculpting/clay modeling. bahan material untuk membuat model mobil 3D adalah triplek (alas + kerangka model), plastisin & alat-alat sculpting. untuk proses pembuatan model mobil 3D dapat dilihat pada foto-foto berikut:
Bahan material untuk car' clay modelling
Perekatan beberapa triplek jadi rangka dasar car' clay modelling
Tahap 1: pelapisan awal car' clay modelling
Tahap 2: pelapisan car' clay modelling di bagian belakang
Tahap 3: pelapisan car' clay modelling pada seluruh bagian
Tahap 4: perbaikan car' clay modelling
Tahap 5: perbaikan + finishing car' clay modelling
Tahap Akhir : Finishing & final result
ada beberapa part mobil dianggap penting, yaitu roda (4 buah), spion (2 buah), knalpot (2 buah) & grill mobil (1 buah). semua part mobil akan diprint menggunakan printer 3D lalu hasilnya printer 3D akan disisipkan ke car' clay modelling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar