Kamis, 04 Juni 2015

Prinsip Rekayasa Produk universitas pembangunan jaya

Sebelum mulai belajar mata kuliah ini, kita mengenal lebih dulu apa itu prinsip rekayasa produk?
prinsip rekayasa produk itu adalah prinsip yang mengedepankan enginering / mekanika yang berhubungan dengan gerak mekanika seperti gerak gear, poros, atau gerak apapun yang menyerupai gear-gear yang ada pada mesin kendaraan bermotor. selain mekanika, prinsip rekayasa produk juga bisa mengedepankan elektronika seperti membuat lampu LED hingga lampu LED menyala, membuat dinamo sederhana dan sebagainya. jadi, prinsip rekayasa produk ini menggabungkan elektronika & mekanika menjadi satu hingga sebuah produk bisa berfungsi sepenuhnya karena produk memiliki part mekanika & part elektronika.

prinsip rekayasa produk ini bisa diterapkan pada mata kuliah DP 2 karena tugas mata kuliah DP 2 ini, kita membuat sebuah lampu hingga lampu bisa menyala. oleh karena itu, kita masih memerlukan komponen-komponen elektronika yang kita dapat / beli di toko listrik ULTRA di Jl. Juanda, Ciputat (samping showroom kawasaki).

berikut ini perjalanan mata kuliah prinsip rekayasa produk:

pada pertemuan pertama, saya mengenal dulu prinsip rekayasa produk & seperti apa prinsip rekayasa produk. ternyata, prinsip rekayasa produk ini berfokus pada bidang elektronika & mekanika, di mana mekanika ini berhubungan dengan gerak-gerak gear sedangkan elektronika berhubungan dengan sistem operasi yang dialiri oleh listrik. karena saya & teman-teman saya kurang paham mengenai mata kuliah prinsip rekayasa produk, Dosen Hari memberi saran kepada kita untuk belajar lebih lanjut bersama Dosen nasucha di prodi TIF (Teknik Informasi) pada pertemuan berikut.

pada pertemuan ke-2 sampai pertemuan ke-4, saya dan teman-teman saya berada di prodi TIF sementara untuk belajar lebih lanjut tentang elektronika bersama Dosen Nasucha. terus, saya membeli komponen-komponen elektronika yang telah disarankan oleh Dosen Nasucha di toko listrik Ultra di Ciputat untuk pertemuan berikutnya. lalu, saya mencoba membuat lampu LED sederhana menggunakan solder & timah. Solder ini merupakan obeng panas yang dialiri listrik & masih menggunakan kabel + saklar sedangkan timah ini merupakan material yang mudah meleleh jika kena panas & bersifat konduktor karena bisa dialiri listrik. saya masih belum terbiasa menggunakan solder & timah hingga kesulitan membuat lampu LED sederhana. lampu LED sederhana terdiri dari lampu LED, resistor (22 Ohm), kabel (merah & hitam) & PCB board. lampu LED sederhana perlu ditambahkan dengan tombol pencet, suket DC & adaptor agar lampu LED sederhana bisa menyala.

pada pertemuan ke-5 sampai pertemuan ke-8, setelah belajar tentang elektronika dari Dosen Nasucha di prodi TIF, saya diberi tugas mandiri membuat lampu LED sederhana sampai pertemuan ke-8 bertepatan dengan UTS (Ujian Tengah Semester) & pada UTS, pembuatan lampu LED sederhana dilaksanakan sampai jam 16.00 (4 sore).

berikut ini contoh gambar rangkaian lampu LED sederhana:




pada pertemuan ke-9, setelah belajar elektronika hingga membuat lampu LED sederhana, saya & teman-teman saya beralih ke bidang mekanika, di mana mekanika ini berhubungan dengan gerak-gerak gear. maka, saya mengenal sambil belajar mekanika seperti apa, terus bagaimana gear bergerak secara otomatis setelah dinamo dinyalakan.

pada pertemuan ke-10 sampai pertemuan ke-16, saya & teman-teman saya mecoba-coba membuat part model mekanika seperti gear, ballbearing atau apapun pada komputer dengan program SolidWorks. program Solidworks ini cocok untuk membuat part model mekanika karena program ini memiliki tingkat kehalusan tinggi pada part model mekanika & punya fitur mode TRY / PLAY, di mana fitur ini memberi perintah pada pengguna untuk mencoba menggerakan gear maupun tuas lalu pengguna memakai mouse untuk menggerakan gear / tuas. saya tetap saja kesulitan membuat part model mekanika dengan program SolidWorks karena program ini mungkin sangat terbatas dalam menambah / membuat lagi part model mekanika. terus, saya diberi tugas secara berkelompok membuat sebuah produk, di mana tiap mahasiswa membuat 1 saja part model mekanika. Jadi, mahasiswa DP angkatan 2013 ada 5 orang, otomatis membuat 5 part model mekanika lalu menyatu jadi sebuah produk. tugas berkelompok ini dilaksanakan sampai 5 Juni.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar