Rabu, 04 Januari 2017

Desain Produk 5 universitas pembangunan jaya

sebelum mulai kuliah DP 5 (Desain Produk 5), kita mahasiswa DPI perlu berpikir serius mencari ide tentang masa depan dan tren masa depan (future trend). kita kebayangkan bahwa masa depan ini punya berbagai macam teknologi yang canggih, lingkungan yang lebih hijau dan bangunan arsitekturnya lebih unik dan dinamis. kita bisa memeriksa seperti apa masa depan melalui internet (google) lalu hasilnya membuat kita ingin bersinambung dengan tren masa depan.

pada mata kuliah DP 5 (Desain Produk 5), kita perlu mencari ide dan konsep tren masa depan kemudian membuat sebuah produk yang bertema tren masa depan.

berikut ini, jadwal perjalanan (timeline) mata kuliah DP 5 (Desain Produk 5) :

pada pertemuan ke-1 (pertama) sampai pertemuan ke-4 (empat), saya dan teman-teman saya memulai mata kuliah DP 5 yang diajari dosen Hari dan kita hanya perlu memikirkan konsep produk yang mengikuti tren masa depan. setelah menemukan konsep produk yang kita inginkan, kita perlu mencari dan menganalisa informasi sebanyak mungkin untuk mendukung atau menguatkan bukti pada konsep produk agar dapat mengetahui letak masalah dan solusi dari konsep produk kemudian semua informasi dimasukkan ke dalam PowerPoint. saya pilih tema konsep produk yaitu tabung hidrogen dan tabung hidrogen diaplikasikan ke kendaraan roda 2 (dua), sepeda. jadi, judul konsep produk yaitu, sepeda hidrogen:

                                                      Gambar 1 : Sepeda bertenaga Hidrogen

pada pertemuan ke-5 (lima) sampai pertemuan ke-7 (tujuh), saya masih mencari dan menganalisa informasi untuk konsep produk. setelah itu, kita mulai menggambar sketsa kasar konsep produk sampai UTS (Ujian Tengah Semester).

pada pertemuan ke-8 (delapan), saat UTS, saya hanya mempresentasikan pekerjaan yang kita lakukan sampai di sini.

berikut ini pekerjaan yang saya lakukan sampai di sini :


                                                       3D model sepeda secara digital

                                                       3D model sepeda secara digital

                                  percobaan pembentukan model sepeda dari bahan styrofoam

                                   percobaan pembentukan model sepeda dari bahan styrofoam

pada pertemuan ke-9 (sembilan) sampai pertemuan ke-12 (dua belas), saya masih memperbaiki tugas-tugas setelah UTS atas saran dosen dan  sebelumnya, saya perlu membuat 3D model sepeda secara digital menggunakan laptop dengan program rhinocheros dan rendering 3D model dengan program keyshot. setelah itu, saya mulai membuat prototyping 3D model sepeda. saya perlu bahan material berupa alumunium solid bars berbentuk tabung berdiameter +/- 1 cm dan lem araldite lalu, saya membuat protoyping 3D model sepeda sesuai dengan 3D model digital yang saya telah buat.

pada pertemuan ke-13 sampai pertemuan ke-15 (lima belas), saya perlu menyelesaikan prototyping 3D model sepeda dan juga menyelesaikan sisa tugas mata kuliah DP 5 jelang UAS (Ujian Akhir Semester).

pada pertemuan ke-16 (enam belas) saat UAS, saya mempresentasikan hasil pekerjaan saya dan prototyping 3D model sepeda di hadapan dosen untuk dinilai.

berikut ini pekerjaan saya yang telah dilakukan sampai saat ini:

                                    penggunaan bahan material kayu untuk pembentukan sepeda

                                                              rangka sepeda dari kayu

                                                         hasil akhir rangka sepeda dari kayu

                                  penggunaan bahan material karton untuk pembentukan sepeda


                                                              rangka sepeda dari karton

                                                             rangka sepeda dilapisi koran

                                                     hasil akhir model sepeda dari karton



Tidak ada komentar:

Posting Komentar