Rabu, 04 Januari 2017

Seminar Desain universitas pembangunan jaya

sebelum mulai kuliah seminar desain, kita mahasiswa DPI kebayangkan bahwa kuliah ini hanya santai saja dan pembelajarannya hanya mendengar penjelasan materi dari dosen UPJ maupun luar UPJ lalu sesi tanya-jawab. ternyata, semuanya salah. pada mata kuliah ini, kita dituntut untuk mempelajari makna dan arti dari desain dari segi lingkungan dan sosial kemudian mencurahkan hasilnya ke dalam laporan sebagai bahan penelitian yang berguna baik untuk kampus UPJ, mahasiswa UPJ dan masyarakat sekitar UPJ.

pada mata kuliah seminar desain ini, kita mahasiswa DPI punya tugas dari awal sampai akhir (pertemuan 1 sampai UAS) untuk membuat laporan bahan penelitian dan mata kuliah ini juga membantu mahasiswa DPI memecahkan masalah sampai menemukan konsep desain untuk mata kuliah DP 5 dan DP 6 (tugas akhir).

berikut ini, jadwal perjalanan (timeline) mata kuliah seminar desain :

pada pertemuan ke-1 (pertama) sampai pertemuan ke-4 (empat), saya dan teman-teman saya memulai mata kuliah seminar desain yang diajari oleh dosen Taufiq dan diberi tugas panjang yaitu, membuat laporan bahan penelitian untuk mata kuliah DP 5. Dosen taufiq menjelaskan tata cara penulisan laporan bahan penelitian yang dimulai dari pencarian masalah yang ada saat ini sampai menemukan masalah yang komplek atau mau dibahas. setelah itu, kita mulai membuat laporan bahan penelitian sesuai urutan penulisan yang telah dijelaskan dosen Taufiq.

pada pertemuan ke-5 (lima) sampai pertemuan ke-7 (tujuh), kita masih melanjutkan membuat laporan bahan penelitian namun, kita hanya menyelesaikan bab 1 (satu) dalam pembuatan laporan bahan penelitian jelang UTS (Ujian Tengah Semester).

pada pertemuan ke-8 (delapan), saat UTS, kita hanya mengumpulkan laporan bahan penelitian yang berisi materi bab 1 (satu) yang sudah selesai.

pada pertemuan ke-9 (sembilan) sampai pertemuan ke-12 (dua belas),saya dan teman-teman saya masih melanjutkan penulisan laporan bahan penelitian untuk mata kuliah DP 5 mulai dari bab 2 (dua) sampai bab 5 (lima). selama mata kuliah ini, saya dan teman-teman dibimbing / dibantu dosen untuk menyelesaikan laporan bahan penelitian dan kita juga dapat berkomunikasi dengan dosen mengenai penulisan laporan bahan penelitian.

pada pertemuan ke-13 (tiga belas) sampai pertemuan ke-15 (lima belas), kita masih melanjutkan penulisan laporan bahan penelitian dan juga berkonsultasi dengan dosen untuk mendapat persetujuan untuk laporan bahan penelitian milik mahasiswa DPI (Desain Produk Industri) masing-masing. setelah itu, laporan bahan penelitian dijilid dan dikumpulkan pada saat UAS.

pada pertemuan ke-16 (enam belas), saat UAS (Ujian Akhir Semester), laporan bahan penelitian resm dikumpulkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar