Senin, 11 Januari 2016

Workshop kayu / metal universitas pembangunan jaya

sebelum mulai mata kuliah ini, kita ingin tahu apa itu workshop kayu / metal ? workshop kayu / metal adalah mata kuliah di mana mahasiswa desain produk ini membuat sebuah model / produk yang terbuat dari kayu ataupun metal (besi) serta belajar cara menggunakan peralatan workshop & cara mengerjakan kayu ataupun metal dengan benar. workshop kayu / metal ini membutuhkan peralatan khusus seperti mesin gergaji, bor atau mesin pemotong kayu / metal lainnya. mata kuliah workshop kayu / metual ini bisa dibilang cukup berbahaya karena mata kuliah ini rawan kecelakaan kerja yang disebabkan oleh mahasiswa sendiri. oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa desain produk ini harus berhati-hati selama menggunakan peralatan workshop & tidak lupa memakai alat-alat keselamatan diri dalam kerja seperti sarung tangan, kacamata serta menaati peraturan ada di ruang workshop.

mata kuliah workshop kayu / metal ini bisa berkaitan dengan desain interior karena desain interior ini terdiri dari berbagai macam produk furmiture yang terbuat dari kayu / metal & memiliki nilai fungsional seperti kursi, meja, lemari, rak buku dan sebagainya.

berikut ini perjalanan (timeline) mata kuliah workshop kayu /metal:

pada pertemuan pertama (ke-1) sampai pertemuan ke-4, saya diberitahu dosen Anang mengenai penggunaan bengkel workshop DP UPJ serta cara penggunaan alat-alat workshop dan juga diingatkan pentingnya keselamatan kerja dalam menggunakan bengkel workshop DP UPJ. setelah itu, saya disuruh dosen menggambar desain benda yang terbuat dari kayu sekitar 10 sketsa desain. setelah itu, saya mulai menggambar desain sektsa terpilih ke dalam bentuk model 3D menggunakan komputer dengan program Rhinoceros dan Rendering dengan program keyshot. saya pilih sektsa desain dari kayu berupa Book' stand Up karena sketsa ini merupakan pilihan saya yang diinginkan dan saya pikir proses pembuatannya bisa berjalan dengan lancar. berikut ini program pembuatan model 3D Book' stand Up dengan program Rhinoceros:


berikut ini rendering Book' stand Up dengan program keyshot: (tambahan explode view)












pada pertemuan ke-4 sampai pertemuan ke-7, saya mulai mengerjakan model 3D Book' stand Up terbuat dari kayu dengan skala 1:1 dan proses pengerjaan kayu bisa dilakukan di bengkel kampus maupun di luar kampus (dari rumah). saya pilih mengerjakan model kayu dilakukan di luar kampus karena ada hari kosong dari kuliah (selasa &rabu) hingga saya bisa memanfaatkan waktu untuk mengerjakannya hingga bisa selesai lebih awal. di sela proses pembuatan model kayu 3D, saya tidak lupa membuat laporan workshop kayu dari rumah agar bisa dikumpulkan pada saat UTS. berikut ini proses pengerjaan model kayu 3D:

pada pertemuan ke-8 (UTS), model kayu 3D Book' stand Up dan laporannya diserahkan ke dosen untuk dinilai.

pada pertemuan ke-9 sampai pertemuan ke-15, mata kuliah Workshop kayu & metal digabung dengan mata kuliah DP 3, karena tugas akhir mata kuliah DP 3 berupa maket / model 3D fasilitas umum yang terbuat dari kayu & metal. penggabungan kedua mata kuliah ini bisa menghemat waktu dalam proses pengerjaan maket / model 3D fasilitas umum hingga dipastikan bisa selesai sebelum UAS. jadi, saya harus menghargai / memanfaatkan waktu dengan baik dalam hal mengerjakan maket / model 3D agar hasil maket / model 3D milik saya selesai pada waktunya. di sela pengerjaan maket / model 3D, saya tidak lupa membuat laporan DP 3 agar bisa diserahkan ke dosen pada saat UAS nanti. berikut ini proses pengerjaan maket / model 3D fasilitas umum:







proses pengerjaan kayu diawali dengan pemotongan, penghalusan, pendempulan, penghalusan lagi dan pengecatan. untuk bentuk kayu skala besar dikerjakan oleh tukang kayu sesuai dengan desain saya & arahan dari saya sedangkan bentuk kayu skala kecil dikerjakan oleh saya sendiri.

pada pertemuan ke-16 (UAS), hasil maket fasilitas umum ditampilkan pada pameran kecil dan dipresentasikan di hadapan dosen & teman-teman. setelah itu, hasil maket fasilitas umum dinilai dosen

berikut ini hasil maket fasilitas umum apotik drive thru:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar