Senin, 11 Januari 2016

Desain Produk 3 universitas pembangunan jaya

pada semester 5 ini, kita sebagai mahasiswa desain produk sudah mengambil mata kuliah desain produk 3 & tema mata kuliah desain produk ini adalah kebutuhan sosial masyarakat berupa fasilitas umum. fasilitas umum adalah tempat penyedia kebutuhan masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari di kota & fasilitas umum ini mudah ditemukan di tiap kota seperti, restoran (rumah makan), rumah sakit, mall, super/mini market, taman dan masih banyak lagi. di bintaro, fasilitas umum pun berkembang dari tahun ke tahun & kota bintaro ini bisa mengedepankan sebagai kota ramah lingkungan dengan buktinya ada taman area hijau.

kota bintaro saat ini masih ada kekurangan fasilitas umum yang memadai atau masih butuh perbaikan fasilitas umum. jadi kesempatan kita sebagai mahasiswa desain produk mendesain fasilitas umum yang lebih baik lagi.

berikut ini perjalanan (timeline) mata kuliah desain produk 3:

pada pertemuan 1 (pertama) sampai pertemuan ke-3, saya terus berpikir sambil menulis fasilitas-fasilitas umum yang dimiliki oleh tiap kota sebanyak mungkin. setelah itu, saya pilih 3 dari beberapa fasilitas umum yang akan dibutuhkan oleh kota Bintaro, misalnya pilih fasilitas umum ........ dengan alasan kota Bintaro belum memiliki fasilitas umum itu. namun, saya hanya pilih 2 fasilitas umum saja, yaitu apotik dan parkir motor. kemudian, saya membuat analisa fasilitas umum berupa apotik & parkir motor melalui pengambilan gambar dari kamera hp atau internet lalu, gambar-gambar analisa diprint & ditempel di kertas A3 atau diedit langsung dengan bantuan program photoshop.

pada pertemuan ke-4 sampai pertemuan ke-7, saya mengambil gambar lokasi penepmatan fasilitas umum lewat googlemaps, diprint & ditempel di kertas A3. saya ambil lokasi di daerah komplek perumahan Emerald, Bintaro sektor 7, Bintaro, Tangerang Selatan. setelah itu, saya diberi pilihan dari 2 fasilitas umum yang ada yaitu, apotik dan parkir motor. saya pilih apotik dengan alasan meskipun apotik sudah ada di bintaro, saya ingin memberi pelayanan pada masyarakat di daerah pondok kacang atau daerah pondok aren akan kebutuhan kesehatan berupa obat-obatan. kemudian, saya mulai menggambar bentuk desain apotik berjenis drive thru. selama saya menggambar, saya mengambil nama apotik yaitu, apotik melawai dan temanya abstrac of France dengan idenya mengambil gambar analisa tempat-tempat wisata di Perancis seperti Menara Eiffel, Monumen Arc' de Triomphie, Museum Louvre dan jembatan Port du Gard. berikut ini gambar tempat wisata di Perancis:


setelah menggambar desain drive thru, saya beralih membuat model 3D menggunakan komputer / laptop dengan program Rhinoceros dan rendering dengan program Keyshot. berikut ini gambar proses pengerjaan model 3D dari komputer:




 berikut ini gambar rendering model 3D: (tambahan model orang & mobil)






pada pertemuan ke-8 (UTS), saya mulai mempresentasikan model desain fasilitas umum saya di hadapan dosen lewat Microsoft Powerpoint.

pada pertemuan ke-9, setelah UTS, saya memperbaiki kesalahan-kesalahan tugas saya sebelumnya dan hasil perbaikan dipastikan akan dikumpulkan pada UAS nanti.

pada pertemuan ke-10 sampai pertemuan ke-15, mata kuliah DP 3 digabung dengan mata kuliah Workshop kayu & metal mengenai pembuatan maket / model fasilitas umum masing-masing.penggabungan kedua mata kuliah ini cukup menghemat waktu dalam proses pembuatan maket / model 3D fasilitas umum, jadi saya harus memanfaatkan waktu dengan baik dalam hal mengerjakan maket / model 3D agar bisa selesai pada waktunya.
berikut ini proses pembuatan maket / model 3D fasilitas umum:













proses pengerjaan kayu diawali dengan pemotongan, penghalusan, pendempulan, penghalusan lagi dan pengecatan. untuk bentuk kayu skala besar dikerjakan oleh tukang kayu sesuai dengan desain saya & arahan dari saya sedangkan bentuk kayu skala kecil dikerjakan oleh saya sendiri.

pada pertemuan ke-16 (UAS), hasil maket fasilitas umum ditampilkan pada pameran kecil dan dipresentasikan di hadapan dosen & teman-teman. setelah itu, hasil maket fasilitas umum dinilai dosen

berikut ini hasil maket fasillitas umum apotik drive thru:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar