Senin, 23 Mei 2016

Desain Infografis (DKV) DP universitas pembangunan jaya



sebelum mulai mata kuliah desain infografis, saya butuh pengertian arti dari infografis. sebelumnya, saya sudah cek infografis lewat internet dan hasilnya infografis ini menampilkan gambar-gambar poster yang berisi kata-kata / info yang penting. jadi, saya Stefanus yang satu-satunya mahasiswa desain produk yang mengambil mata kuliah desain infografis milik prodi DKV sebagai mata kuliah KOTA (kelas open to all). alasan saya mengambil mata kuliah desain infografis yaitu, meningkatkan / menempa kemampuan saya dalam desain gambar-gambar 2D dan juga sebagai dasar bagi saya dalam mendesain gambar-gambar grafis agar saya bisa bekerja di perusahaan yang membutuhkan desainer grafis. selain itu, lowongan kerja sebagai desainer grafis itu paling banyak ditampilkan di internet juga merupakan alasan bagi saya mengambil mata kuliah desain grafis. untuk mengetahui lebih lanjut mengenai desain infografis, saya harus datang kelas setiap selasa agar bisa mendapat ilmu mengenai desain infografis dan proses-proses pembelajaran infografis.

berikut ini contoh gambar infografis:


berikut ini, perjalanan (timeline) mata kuliah desain infografis:

pada pertemuan 1 (pertama), mata kuliah desain infografis diajarkan oleh dosen Deden dari prodi DKV dan menjelaskan arti desain infografis. infografis adalah informasi data yang dimuat / ditampilkan dalam bentuk visual. data infografis berupa angka-angka, grafik dan proses. data berupa sumber fakta yang ada secara jelas dan aktual. infografis ini bisa dijabarkan menjadi 2 (dua) yaitu, infografis statis (diam, baca, dilihat) dan infografis dinamis (bergerak + website, sosial media)
setelah menerangkan arti desain infografis, dosen Deden memberi saya tugas berupa mencari contoh gambar-gambar infografis dari internet dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

pada pertemuan ke-2 (dua) dan ke-3 (tiga), tugas pertemuan sebelumnya sudah dikumpulkan ke dosen Deden secara softcopy beralih ke teori mengenai detail mata kuliah desain infografis. setelah menerangkan teori desain infografis, dosen Deden memberi saya tugas berupa mencari data-data yang ada dari internet dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. tema data yang dipilih bebas jadi, saya mencari data-data tentang otomotif yaitu mobil sport. itu mudah karena mobil sport bisa berevolusi (perubahan) secara desain dari tahun ke tahun berdasarkan informasi yang ada dari internet. contohnya VolksWagen Golf dibuat pertama kali pada tahun 1970-an dan terus berevolusi secara desain demi meningkatkan kualitas yang lebih baik samapi sekarang, dan sebagainya.

pada pertemuan ke-4 (empat) sampai pertemuan ke-7 (tujuh), saya sudah mencari data-data tentang mobil sport Porsche 911 secara teliti dari internet, lalu saya dikasih tugas yaitu membuat desain media visual 2D mengenai data / informasi mengenai perubahan mobil sport Porsche 911 menggunakan program Photoshop dan tugas saya akan diserahkan / dijelaskan lebih rinci ke dosen pada saat UTS (pertemuan ke-8).

berikut ini hasil tugas desain media visual milik saya:



pada pertemuan ke-8 (delapan), tugas saya dipresentasikan ke dosen untuk dinilai.

pada pertemuan ke-9 (sembilan) sampai pertemuan ke-14 (empat belas), setelah UTS, saya dikasih tugas paper tentang cari gambar yang berkaitan dengan data dan dijelaskan dalam bentuk print out (kertas) dan bisa dilakukan sambil assistensi dengan dosen mata kuliah desain infografis selama waktu yang ada.

pada pertemuan ke-15 (lima belas) UAS (Ujian Akhir Semester), tugas paper infografis yang sudah di-print & dijilid, dikumpulkan ke dosen untuk dinilai serta absen UAS sebagai bukti kehadiran mahasiswa mengikuti UAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar