Senin, 23 Mei 2016

Desain Produk 4 universitas pembangunan jaya

pada semester 6 ini, setelah melewati mata kuliah DP 3, kita beralih ke mata kuliah DP 4 di mana mata kuliah ini prodi desain produk bisa berkolaborasi dengan prodi lain, arsitektur, psikologi, ilmu komunikasi, teknik informasi dan sebagainya. mahasiswa DP membuat produk berdasarkan tema dari prodi lain misalnya, prodi teknik informasi membuat handphone canggih, prodi ilmu komunikasi membuat tas ransel satelit peliputan, prodi psikologi membuat mainan edukatif dan sebagainya.

berikut ini perjalanan (timeline) mata kuliah DP 4:

pada pertemuan ke-1 (pertama) sampai pertemuan ke-4 (empat), tema mata kuliah DP 4 yaitu produk yang bisa menghasilkan suara, cahaya atau bisa gabung kedua-duanya. saya pilih produk yang menghasilkan suara karena produk yang menghasilkan cahaya seperti lampu sudah dilakukan pada mata kuliah DP 2. setelah memilih produk menghasilkan suara, saya tentukan 1 dari beberapa konsep desain yang ada dan konsep desain yang dipilih yaitu, upgradeable. sebelumnya, saya pilih produk yang menghasilkan suara yaitu earphone dengan alasan bisa dimodifikasi (upgradeable) kemudian, saya menggambar minimal 10 sketsa desain dan membuat model earphone 3D menggunakan laptop dengan program Rhinocheros dan Rendering dengan program Keyshot.

pada pertemuan ke-5 (lima) sampai pertemuan ke-7 (tujuh), saya masih lanjut mengerjakan model 3D earphone digital (program RhinoCheros & Keyshot) sampai selesai lalu, saya membuat makalah tentang produk yang saya buat, upgradeable earphone.

pada pertemuan ke-8 (delapan) UTS (Ujian Tengah Semester), saya menyelesaikan semua tugas desain dari mata kuliah DP 4 seperti sektsa desain, makalah dan hasil rendering produk serta gambar kerja produk kemudian dipresentasikan / dikumpulkan ke dosen untuk dinilai.

berikut ini contoh gambar hasil pengerjaan tugas mata kuliah DP 4 yang saya telah kerjakan




                                                Gambar : Lembar Kerja produk Earphone



                           Gambar : model 3D produk Earphone dengan program Rhinocheros        




                      Gambar : Rendering model 3D produk earphone dengan program keyshot

pada pertemuan ke-9 (sembilan) sampai pertemuan ke-14 (empat belas), setelah melewati UTS, saya beralih membuat model 3D (prototype) produk earphone secara nyata hasil buatan / kreasi tangan sendiri. sebelumnya saya sudah menyiapkan bahan material berupa plastik ABS dengan tebal 1.2 mm sebagai bahan pokok pembuatan model 3D produk earphone. setelah bahan material, plastik ABS sudah ada, saya mulai membuat model 3D produk earphone sesuai dengan gambar kerja tadi dan proses pengerjaan model 3D produk earphone diprediksi akan selesai 1 minggu sebelum UAS.

pada pertemuan ke-15 (lima belas), UAS (Ujian Akhir Semester) saya menyelesaikan dengan sedikit model 3D produk earphone dan menyiapkan materi presentasi yang telah dikerjakan pada sebelumnya lalu saya mempresentasikan hasil tugas mata kuliah DP 4 pada dosen untuk dinilai.

berikut ini contoh proses pembuatan model 3D produk earphone sampai selesai:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar