Senin, 23 Mei 2016

Rancangan Bisnis universitas pembangunan jaya

sebelum mulai belajar mata kuliah rancangan bisnis ini, saya pikir mata kuliah ini berkaitan dengan membuka usaha barang produk dengan tujuan bisa menghasilkan uang sendiri. selain itu, saya pikir mata kuliah ini bisa berkaitan dengan kegiatan berbisnis / bermitra dengan perusahaan lain untuk bekerja sama agar menghasilkan barang produk lebih baik lagi dan juga bisa menghasilkan uang lebih banyak. namun, setelah belajar mata kuliah rancangan bisnis ini, saya segera mengerti isi materi yang diajarakan dan mata kuliah ini belum berkaitan dengan kegiatan bisnis.

mata kuliah rancangan bisnis ini hampir mirip dengan mata kuliah kewirausahaan di mana kedua mata kuliah ini sama-sama membuaka usaha barang / jasa. jadi, saya akan terbiasa belajar mata kuliah ini setelah belajar mata kuliah kewirausahaan pada semester 5 yang lalu.

berikut ini perjalanan (timeline) mata kuliah rancangan bisnis:

pada pertemuan 1 (pertama) sampai pertemuan ke-4 (empat), saya mencoba mempelajari mata kuliah rancangan bisnis seperti apa dan diajarkan / dipelajari secara teori tentang hubungan usaha / bisnis (buka toko) yang berhubungan dengan produk yang kita buat. contohnya, setelah belajar mata kuliah urban toy design, mahasiswa berkesempatan buka usaha di bidang mainan yaitu, menciptakan mainan urban yang kreatif, unik & fungsional (ada gerak tangan, kaki, kepala) lalu, dipajang di toko mainan sendiri untuk dijual. tugas pertama dari mata kuliah rancangan bisnis yaitu membuat poster (brosur) tentang produk yang kita telah buat dari mata kuliah DP 1, DP 2 atau transportation design. saya buat poster tentang produk dari mata kuliah DP 1 yaitu, Umbrella Handle dan setelah mengerjakan tugas pertama, hasil poster dipresentasikan di hadapan dosen.

berikutnya, sekitar pada pertemuan ke-4 (empat), ada lagi tugas mata kuliah rancangan bisnis yaitu, mencari produk yang ada di sekitar kita dan dibuat dalam bentuk Ms Powerpoint. saya pilih tumpukan gelas (mug) plastik dalam 1 kemasan dan produk saya dipresentasikan di hadapan dosen pada pertemuan berikutnya.
berikut ini contoh produk tumpukan gelas (mug) plastik:
                                                    Gambar: tumpukan gelas (mug) plastik

pada pertemuan ke-5 (lima) sampai pertemuan ke-7 (tujuh), ada lagi tugas mata kuliah rancangan bisnis jelang UTS (Ujian Tengah Semester) yaitu, analisa produk yang akan kita buat berdasarkan hasil evaluasi acara purwarupa "Urban Makers" dan ditulis dalam bentuk laporan. pengerjaan laporan rancangan bisnis punya waktu banyak, dimulai dari buat susunan kerangka laporan hingga buat produk dengan program Rhinocheros 3D dan laporan ini dikerjakan secara berkelompok (2 orang).

pada pertemuan ke -8 (delapan) UTS, hasil laporan rancangan bisnis diserahkan ke dosen untuk dinilai.

pada pertemuan ke-9 (sembilan) sampai pertemuan ke-14 (empat belas), setelah UTS, dosen memberi kami tantangan yaitu berjualan makanan secara kelompok. sebelum itu, saya butuh infomarsi tentang makanan serta proses pembuatan makanan tersebut lalu saya masukkan semuanya ke dalam bentuk presentasi menggunakan software Ms. Powerpoint untuk dipresentasikan pada pertemuan berikutnya. setelah itu, saya membuat makanan sebagai uji coba untuk teman-teman saya & dosen sebagai bahan referensi untuk peluang usaha ke depannya nanti.

pada pertemuan ke-15 (lima belas), UAS (Ujian Akhir Semester), saya dan teman-teman saya mempresentasikan hasil akhir dari kegiatan survey mencoba (mencicipi) makanan buatan kami di hadapan dosen untuk dinilai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar