Senin, 23 Mei 2016

SED Desain produk universitas pembangunan jaya

sebelum mulai belajar SED khusus desain produk, saya sudah belajar SED pada semester 5 yang diajarkan oleh dosen Ferdinand dari prodi teknik sipil. saya belajar SED ini bersama mahasiswa-mahasiswa dari prodi ilmu komunikasi, teknik informasi dan desain produk jadi  1 (satu) kelas SED ada 3 prodi yang akan belajar bersama. materi SED pada semester ini berisi pengenalan lingkungan sekitar sampai hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan.

kali ini, mata kuliah SED khusus desain produk ini agak berbeda pada mata kuliah SED pada semester 5 yang lalu dan materi SED khusus desain produk ini berisi hubungan penggunaan material dengan lingkungan. mata kuliah SED khusus desain produk ini diajarkan oleh dosen Hari jadi, saya belajar lebih dalam lagi mengenai SED khusus desain produk.


berikut ini perjalanan (timeline) SED khusus desain produk:

pada pertemuan 1 (pertama), saya dan teman-teman saya diperkenalkan oleh dosen Hari tentang mata kuliah SED khusus desain produk serta aturan-aturan yang dibuat dosen Hari kepada mahasiswa DP selama kelas berlangsung. di kelas SED, dosen Hari meminta kami sebagai mahasiswa dp mencatat materi yang diajarkan / ditampilkan lewat proyektor menggunakan kertas HVS A4, boleh baru atau bekas. saya menggunakan kertas bekas untuk mencatat materi SED. setiap pertemuan, materi SED yang diajarkan / ditampilkan, mahasiswa diwajibkan mencatat materi yang ada sebagai modal penilaian untuk UTS dan UAS. materi SED pada pertemuan 1 (pertama) ini berisi konsep SED desain dan dosen Hari memberi tugas kepada kami, memilih 1 dari 8 konsep SED desain kemudian jawabannya akan dijelaskan oleh mahasiswa dp pada pertemuan berikutnya.

pada pertemuan ke-2 (dua), materi SED berisi siklus hidup produk (product life cycle) dan seperti biasa sebelumnya, materi SED yang ada diwajibkan mencatat materi tersebut. setelah itu, jawaban dari tugas memilih 1 dar 8 konsep SED desain dijelaskan oleh mahasiswa kepada dosen. saya memilih konsep SED desain yaitu, make it upgradeable dengan alasan saya yakin bisa memodifikasi bentuk desain agar lebih baik lagi.

pada pertemuan ke-3 (tiga) sampai pertemuan ke-4 (empat), saya diberi tugas materi siklus hidup produk (life cycle product) yaitu membuat analisa dan poster visual A3 tentang produk saya yang akan dibuat pada mata kuliah DP 4. membuat analisa tentang produk earphones bisa dijelaskan / dijabarkan ke beberapa bagian yaitu, raw material, manufacturing, distribution & purchasing, user experience dan disposal dalam bentuk tabel secara terpisah dan membuat poster visual A3 tentang produk earphones sesuai dari tabel yang telah dibuat.
contoh gambar siklus hidup produk (life cycle product):



contoh hasil poster visual A3 milik saya:

pada pertemuan ke-5 (lima) sampai pertemuan ke-6 (enam), saya diberi tugas lagi tentang komponen earphones yang akan di-upgrade serta penjelasan proses upgrade komponen earphones dalam bentuk tabel. selain itu, saya juga membuat diagram road mapping tentang hubungan komponen earphones & fungsinya serta upgrading sebagai tugas. semua tugas yang saya kerjakan dari pertemuan pertama sampai pertemuan ke-6 (enam) sebagai patokan nilai mata kuliah jelang UTS.

pada pertemuan ke-7 (tujuh) sampai pertemuan ke-8 (delapan), saya diberi tugas tentang menggambar komponen earphones yang akan di-upgrade dalam bentuk sketsa gambar desain sebanyak 10 sketsa. menggambar sketsa desain bisa bersamaan / berbarengan dengan mata kuliah DP 4 baik sketsa terpilih maupun tidak dari mata kuliah DP 4.

pada pertemuan ke-8 (delapan) UTS, sketsa desain komponen earphones yang akan di-upgrade bisa dilanjutkan sampai selesai dan diserahkan ke dosen untuk dinilai.


pada pertemuan ke-9 (sembilan) sampai pertemuan ke-14 (empat belas), setelah UTS, saya membuat presentasi untuk mata kuliah SED yang gabung dengan mata kuliah DP4 sambil melakukan assistensi dengan dosen mata kuliah SED sebanyak 6 kali. assistensi ini bertujuan agar bisa melakukan perbaikan materi sebelumnya agar materi lebih baik lagi. saya membuat presentasi tentang earphone yang saya buat pada mata kuliah DP4.

pada pertemuan ke-15 (lima belas), UAS (Ujian Akhir Semester), setelah melakukan assistensi, materi presentasi saya siap untuk dijelaskan / dipresentasikan di hadapan dosen & teman-teman pada UAS SED dan DP 4.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar